STRATEGI PENGEMBANGAN PANTAI PURNAMA SUKAWATI SEBAGAI OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA

  • I Wayan Sunarsa Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
Keywords: pantai purnama, strategi pengembangan, objek dan daya tarik wisata

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari alternatif strategi pengembangan Pantai Purnama Sukawati
sebagai Obyek dan Daya Tarik Wisata. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik snowbowling
yaitu penentuan sampel yang mula-mula kecil kemudian membesar. Adapun responden yang dipilih
adalah Kepala Desa Sukawati, pengurus Desa Adat Pekraman Sukawati yang terlibat langsung dalam
pengawasan dan pengelolaan dan para petugas dilapangan seperti juru parkir, petugas kebersihan
serta para pedagang di area Pantai Purnama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Alternative
Strategi dan Program pengembangan Kawasan Pantai Purnama adalah (a) strategi pengembangan
pasar, (b) pengembangan fasilitas produk wisata, (c) pengembangan sarana dan prasarana pokok
pariwisata (d) meningkatkan keamanan kenyamanan serta pengembangan lembaga keamanan,
(e) pengembangan sumber daya manusia dan pengelola untuk meningkatkan pemahaman tentang
pentingnya pengembangan kawasan Pantai Purnama sebagai obyek wisata alam yang berbasis
masyarakat

Published
2019-09-18