IMPLIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP TAMU DOMESTIK: STUDI KASUS INNA GRAND BALI BEACH

  • I Gusti Ngr Putu Jagadhita Rama Putra Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Putu Diah Sastri Pitanatri Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
Keywords: EWOM, domestic, keputusan menginap, tripadvisor

Abstract

Penelitian ini merujuk pada tidak tercapainya target jumlah wisatawan domestik yang menginap di Inna Grand Bali Beach. Sebagai salah satu hotel BUMN dan juga didukung oleh kemajuan teknologi yang mempermudah proses booking secara online, maka semestinya target dapat tercapai. Oleh sebab itu, penelitian ini akan mengakaji pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap keputusan menginap tamu domestik di hotel ini. EWOM direpresentasikan melalui TripAdvisor untuk kemudian dilakukan analisis lebih lanjut.  Analisis mempergunakan metode uji regresi linear sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji t, untuk mengetahui besarnya pengaruh EWOM terhadap wisatawna domestik. Sebanyak 100 kuesioner yang seluruhnya kembali dan terisi lengkap, menunjukan bahwa pengaruh EWOM memiliki pengaruh secara positif baik parsial maupun simultan terhadap keputusan menginap. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan membeli wisatawan domestik sangat terpengaruh EWOM. Oleh sebab itu pihak manajemen diharapkan dapat memberikan pelayanan dan fasilitas yang sesuai dengan ekspetasi wisatawan, sehingga komentar posistif

Published
2018-09-10