ANALISIS STRATEGI HARGA WHOLESALE UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KAMAR DI BVLGARI RESORT BALI

  • Rosiana Santi Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Ni Made Suastini Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
Keywords: Strategi Harga, Wholesale, Dynamic Pricing, Static Pricing

Abstract

Revenue management adalah menjual produk yang tepat kepada pelanggan yang tepat pada saat yang tepat dengan harga yang tepat melalui saluran distribusi yang tepat. Untuk memaksimalkan revenue diperlukan strategi harga yang tepat. Bvlgari Resort Bali memiliki dua strategi harga yang digunakan untuk wholesale sebagai market segment paling besar, yaitu dynamic dan static pricing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi harga yang lebih berpotensi untuk meningkatkan pendapatan kamar di Bvlgari Resort Bali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan Revenue Manager Bvlgari Resort Bali. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis kualiatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan teoriĀ  dari Herweg & Mierendorff untuk static pricing serta teori dari Forgacs untuk dynamic pricing. Lalu kedua strategi harga tersebut dibandingkan untuk dilihat manakah strategi harga yang lebih berpotensi meningkatkan pendapatan kamar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dynamic pricing lebih efektif dan lebih berpotensi untuk mengoptimalkan pendapatan kamar di Bvlgari Resort Bali dibandingkan dengan static pricing.

Published
2019-09-18